PENGARUH CITRA DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN SARI BUAH BUAVITA DI TEMBILAHAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Permasalahan yang terjadi dilihat dari laporan penjualan dan Top Brand Award minuman Buavita tahun 2018-2022 mengalami fluktuasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk minuman Buavita di Tembilahan. (2) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian produk minuman Buavita di Tembilahan. (3) Untuk mengetahui pengaruh citra dan kepercayaan merek secara simultan terhadap keputusan pembelian minuman sari buah Buavita di Tembilahan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Probability Sampling dengan menerapkan simple random sampling. Jenis penelitian ini kuantitatif, untuk pengujian statistik data menggunakan IBM SPSS 23. Hasil penelitian persamaan regresi linier berganda: Y = 1.040 + 0,391X1 + 0,519X2. Dari hasil uji koefisien determinasi 0,709 hal ini berarti 71% variabel citra merek (X1) dan kepercayaan merek (X2) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y), uji T citra merek (X1) sebesar 0,46 dan kepercayaan merek (X2) sebesar 0,000 yang menyatakan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) karena kecil dari 0,05. Uji F memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Kesimpulannya bahwa citra merek (X1) dan kepercayaan merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y), pada penelitian ini memiliki pengaruh baik secara parsial maupun simultan.