ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIKY SWALAYAN TEMBILAHAN

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIKY SWALAYAN TEMBILAHAN

Authors

  • azroy muhammad unisi
  • Dharmasetiawan
  • Achmad Isya Alfassa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian di Kiky Swalayan Tembilahan. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua konsumen yang pernah atau sedang berbelanja di Kiky Swalayan Tembilahan. Sampel diambil dari sebagian populasi yang berbelanja di toko tersebut pada saat penelitian dilakukan. Jumlah total sampel adalah 30 orang, sesuai dengan rekomendasi Teori Bailey dalam Hasan (2002), yang menyarankan jumlah responden minimal sebanyak 30 orang dalam suatu penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua variabel yang diteliti, yaitu lokasi dan keragaman produk, berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Kiky Swalayan Tembilahan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 60,8% variasi dalam faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh lokasi dan keragaman produk. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi manajemen toko dalam meningkatkan strategi pemasaran dan pengelolaan produk guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan. Dengan demikian, baik lokasi maupun keragaman produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di Kiky Swalayan Tembilahan

Keywords: Keputusan Pembelian, Lokasi, Keragaman Produk

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

muhammad, azroy, Dharmasetiawan, & Achmad Isya Alfassa. (2024). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIKY SWALAYAN TEMBILAHAN: ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIKY SWALAYAN TEMBILAHAN. JURNAL MAHASISWA EKONOMI BISNIS, 1(2). Retrieved from http://tematik.unisi.ac.id/index.php/jmeb/article/view/228

Issue

Section

Articles