PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN BERAS DALAM PENILAIAN PERSEDIAAN PRODUK DESA BENTENG BARAT

Authors

  • Amelia Univeristas Islam Indragiri
  • Muhammad Yusuf Univeristas Islam Indragiri
  • M. Rexsy Dimas Nasrullah Univeristas Islam Indragiri

Keywords:

Pemasaran, Beras, Penilaian Produk

Abstract

Beras merupakan bahan pangan pokok bagi lebih dari 95 persen penduduk Indonesia. Petani padi menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai sumber pendapatan bagi jutaan rumah tangga pertanian. Gapoktan Harapan Makmur merupakan lembaga usaha yang bergerak dalam bidang produksi beras. Studi ini menguraikan rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pemasaran beras yang dilakukan oleh Gapoktan Harapan Makmur dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana Strategi Pemasaran Beras dalam Meningkatkan Penjualan pada Gapoktan Harapan Makmur. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Field research yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini menghasilkan data tentang strategi pemasaran yang diartikan sebagai fakta atau informasi dari Gapoktan Harapan Makmur. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada Ketua Gapoktan Harapan Makmur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan proses jual beli, Gapoktan Harapan Makmur menerapkan beberapa strategi pemasaran yaitu a) strategi produk dengan menawarkan 4 macam merek beras, b) strategi penetapan harga yang ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan, c) strategi tempat/distribusi dengan melihat berbagai potensi pasar pada suatu wilayah dan d) strategi promosi dengan menggunakan media online yaitu melalui Facebook dan WhatsApp, dan media offline yaitu brosur dan pamflet.

Downloads

Published

29-04-2024

How to Cite

Amelia, Yusuf, M., & Dimas Nasrullah, M. R. (2024). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN BERAS DALAM PENILAIAN PERSEDIAAN PRODUK DESA BENTENG BARAT. JURNAL TEMATIK, 2(1), 37–42. Retrieved from http://tematik.unisi.ac.id/index.php/ptj/article/view/132