PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) UNTUK PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM PASENGGERAHAN : ANALISIS KARAKTERISTIK DAN STRATEGI MANAJERIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Total Quality Management (TQM) dalam rangka peningkatan mutu Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Pasenggerahan. Metode yang digunakan adalah analisis kritis dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka (book survey) yang mengkaji berbagai literatur terkait TQM dan manajemen pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM di madrasah ini memerlukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan, yang meliputi efektivitas proses belajar mengajar, kepemimpinan yang kuat, pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif, serta budaya mutu yang berkembang. Selain itu, identifikasi karakteristik TQM di madrasah mencakup tim kerja yang kompak dan dinamis, kemandirian, partisipasi warga madrasah, serta adanya evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Strategi penerapan TQM di madrasah ini antara lain melalui kesatuan tujuan, fokus pada kualitas dan peserta didik, komitmen jangka panjang, serta kerjasama tim yang solid. Kesimpulannya, implementasi TQM di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Pasenggerahan menunjukkan adanya upaya perbaikan sistem yang berkesinambungan yang melibatkan seluruh sumber daya manusia dalam proses pengembangan mutu pendidikan yang lebih baik.