STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG KAKI LIMA DI TAMAN BUKIT GELANGANG KOTA DUMAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang kaki lima di Taman Bukit Gelangang Kota Dumai dalam perspektif ekonomi Islam. Sebanyak 40 kios di Kampung Kuliner Taman Bukit Gelanggang Jalan Jenderal Sudirman Kota Dumai semuanya sudah penuh disewa oleh para pedagang. Tingginya minat pedagang menyewa kios tersebut, lantaran tempat tersebut menjadi salah satu pusat keramaian yang lokasinya sangat strategis di tengah Kota.Ekonomi Islam memandang pemasaran tidak hanya dari sisi keuntungan materi, tetapi juga dari aspek keadilan, etika, dan keberlanjutan. Pedagang kaki lima sebagai bagian dari sektor informal memiliki tantangan tersendiri dalam pemasaran produk mereka. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pedagang kaki lima dan bagaimana penerapannya dalam kerangka prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti keadilan, larangan riba, dan transaksi yang transparan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang kaki lima di Taman Bukit Gelangang Kota Dumai sudah memperhatikan beberapa aspek ekonomi Islam, meskipun ada beberapa area yang masih perlu ditingkatkan, terutama terkait dengan kualitas produk dan transparansi dalam transaksi.